Senin, 20 November 2017

Tips Membudidayakan Udang Vanamei Secara Intensif Menggunakan Pupuk Organik Yatop Di

Solusi Budidaya Udang Vanamei Secara Intensif Menggunakan Pupuk Organik Yatop


1. Bagaimana merawat udang vaname tidak terkena virus Wsf/Mio/Bercak putih dll. ?


Sehat itu paling utama, pertama yang harus di sterilkan yaitu media air terlebih dulu. Tebarkan Yatop 3 Liter/hektar ke area tambak dengan cara dikombinasikan air, usahakan penaburan serata mungkin. Tujuannya biar air netral, seimbang, plangkton dan phyto plankton berkembang dengan cepat selain itu juga kondisi tanah didasar tambak cepat berlumpur seperti tepung, sehingga udang tidak cepat naik ke atas dan senang saat di dasar lumpur, maka nanti hasilnya udang akan berkembang dengan besar.


Usahakan ditiap 1 pekan sekali di tabur pupuk yatop 1 liter/hektar tujuannya adalah untuk menjaga keseimbangan ekosistem di area tambak, merawat kesehatan udang lebih aktif, lincah dan jatah makannya akan meningkat 3 kali lipat. Penaburan yatop 1 liter/hektar setiap 1 minggu sekali merupakan hal yang harus, dikarenakan untuk mengatisipasi situasi cuaca ekstrem yang tidak menentu. Kebutuhan yatop untuk 1 hektar adalah 15 liter sampai bisa panen. ( 3 bulan ).


2. Bagaimana udang yang susah moulting ( berganti kulit ) sehingga pertumbuhannya tidak cepat ?


Udang cepat besar ditandai dengan terlihatnya moulting. Udang yang sehat moultingnya cepat namun jika udang susah moulting dipastikan ada sesuatu yang salah di area tambak. Penyebabnya ini harus dicari. Namun untuk menemukan faktor penyebabnya itu yang sulit bahkan pembudidaya enggan untuk memeriksa. Kebanyakan Petani kita ingin instan. Penyebab udang tidak moulting dikarenakan kondisi kulit udang mengeras. Solusinya yakni dengan menaburkan pupuk yatop 5 liter/hektar semakin banyak yatop di tabur ke area tambak maka udang moulting akan lebih cepat. Sipat yatop itu perih kalau kena luka, rasa perihnya tersebut hanya dalam waktu sekian detik atau menit, apabila terkena kulit udang maka hasilnya udang akan lebih cepat ganti kulit. Biasanya udang akan berganti kulit dalam waktu 4 hari.

3. Bagaimana udang stress/teller masih dapat diselamatkan ?



Udang stress/teller dikarenakan banyak penyebab, misalkan adalah kondisi di area tambak terlalu dingin, kekurangan protein di dasar, tengah dan di atas air. Yatop merupakan pupuk yang mengandung banyak sekali protein tinggi. Ciri-cirinya yakni kalau tutup botol di buka kemudian ditutup kembali maka proteinnya otomatis muncul ke atas berwarna putih. Jika udang stress/teller dan sering naik ke permukaan maka solusinya adalah taburkan Yatop 3 liter/hektar lalu tunggu 1 hingga 3 jam, apakah udang turun kembali ke dasar atau tidak. Jika masih belum turun juga maka tebarkan lagi pupuk yatop sebanyak 1 – 2 liter lg. Semakin banyak pupuk yatop di tabur maka semakin cepat udang akan turun ke dasar dan normal kembali. Jika udang sudah stress dan sudah pulih dengan pupuk yatop maka lakukan penaburan yatop 1 liter/hektar secara rutin setiap 1 pekan sekali. Jangan sampai lewat satu minggu dikarenakan akan menyebabkan udang stress lagi.


4. Bagaimana tambak yang sudah tidak produktif / jarang menghasilkan masih dapat diperbaiki ?

Tambak yang sudah rusak/tidak produktif masih dapat diperbaiki, caranya adalah harus kembali ke alam. Pakai kotoran hewan sapi, karena di dalam lument sapi terdapat banyak mikroba yang bermanfaat buat tanah dan bisa bertahan selama 3 bulan. Resep pembuatan Kotoran sapi sebagai berikut. : 1 LITER YATOP + 5 KG KOTORAN SAPI BARU + 50 LITER AIR. Permentasi dalam kurun waktu 1 minggu, tiap hari di aduk selama kira-kira 5 menit. Setelah 1 minggu tebarkan ke tambak dalam kondisi macak-macak. Diamkan sampai 5 hari setelah timbul lumut sutera lalu isi tambak sampai penuh. Kebutuhan kotoran sapi sebanyak 50 kg/hektar. Kotoran hewan sapi harus yang baru, maksimal 3 hari setelah keluar dari dubur sapi



Keunggulan Pupuk Yatop Buat Udang Vaneme

Berdasarkan pengalaman di Lapangan pupuk Yatop memiliki karakteristik yang unik dan aneh di berbagai wilayah di Tanah Air. Keunggulannya adalah sebagai berikut :


1. Dapat Menetralisir Air Payau

Air payau untuk udang bisa dinetralisir oleh yatop dalam kurun waktu kira-kira 3 jam. Caranya : Sediakan air payau ke dalam gelas (240 cc) kemudian masukan pupuk yatop. Air payau yang terasa asin akan berubah menjadi netral selama kurang lebih 3 jam, dan garamnya turun ke bawah. Lama-lama air tadi berasa seperti manis jambu air.


2. Dapat Menetralisir Residu Kimia Dalam Air

Air yang sudah tercemar oleh limbah dari pabrik dapat dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam waktu 3 hari. Air tambak yang tadinya tercemar dalam waktu 3 hari akan berubah warnanya. Oleh karena itu kami memberikan saran sebelum udang dimasukan ke area tambak lebih baik ditabur yatop dulu apabila sudah 3 hari baru masukan benih udang.


3. Ph Air Dan Ph Tanah Menjadi Seimbang

Setelah air dan tanah di tabur pupuk yatop maka selama 3 hari kondisinya akan seimbang. Hal tersebut sudah terbukti dengan melakukan test kertas lakmus dimana PH tanah {berubah menjadi|menjadi| 6. Jika PH sudah seimbang maka udang pun akan berkembang dengan subur.


4. Tanah Lumpur Akan Menjadi Halus Seperti Tepung

Tanah lumpur yang telah diberi yatop maka lumpurnya akan mengalami perubahan menjadi lebih halus seperti tepung dalam jangka waktu 4 hari. Semua mikroba tanah akan bereaksi karena yatop merupakan sumber makanan bagi bakteri.


5. Lumut Sutera Menjadi Tumbuh

Tambak yang di tabur dengan Yatop akan tumbuh lumut sutera, paling cepat 4 hari hingga 1 minggu. Lumut sutera bagus untuk sumber makanan udang.


6. Mengobati Luka Pada Udang

Udang yang terserang oleh penyakit, Virus atau lainnya dapat disembuhkan dalam kurun waktu 30 menit. Apabila lumpurnya sudah mengandung pupuk yatop maka udang yang luka masuk ke dalam lumpur dan lukanya akan cepat terobati.


7. Plankton Berkembang Dengan Cepat

Tambak yang telah di tabur Yatop dalam waktu 3 hari akan terlihat plankton-plankton yang berkemban biak didasar, tengah dan permukaan air.


8. Udang Stress Normal Kembali

Apabila melihat udang yang sedang stress atau minggir ke atas permukaan maka udang tersebut hidupnya tak akan bertahan, esok atau lusa udang akan mati. Jika melihat kejadian seperti itu maka solusinya Taburkan Yatop 3 liter perhektar, dalam waktu 3 jam udang akan sehat kembali dan kembali ke dasar tambak. Udang setelah ditabur pupuk akan lebih gesit/lincah.


9. Daging Udang Bebas Residu 

Udang yang telah memakai pupuk Yatop pada saat dipanen dagingnya sudah bebas dari residu kimia. Warna udang cerah, daging lebih kenyal, dan rasa gurih.


Umtuk Konsultasi Dan pemesanan bisa langusng ke Umar yatop Di no 085286231111 dan dapatkan updatenya di Budidaya udang

Author Profile

About vidio sharing

Travel umroh terbaik dan terpercaya di indonesia terdaftar di kementrian agama.

0 Komentar Tips Membudidayakan Udang Vanamei Secara Intensif Menggunakan Pupuk Organik Yatop Di

Posting Komentar

Back To Top