Sabtu, 16 September 2017

Solusi Membudidayakan Udang Vanamei Dengan Cara Tradisional Memakai Pupuk Yatop

Selamat datang di blog pupuk Organik Yatop  Panen melimpah petani senang virus hilang export udang tercapai

image_20170915_072608_13.jpg

1.Cara merawat udang vaname tidak terkena berbagai penyakit seperti Wsf/Mio/Bercak putih dll. ?

Sehat itu paling utama, pertama yang wajib di sterilkan yaitu Air terlebih dulu. Taburlah Pupuk sebanyak 3 Liter/hektar ke area tambak dengan cara dicampur air, usahakan penaburan dengan rata. Hal ini bertujuan biar air tidak tercampur bakteri, seimbang, hewan kecil seperti plangkton dan phyto plankton tumbuh secara cepat serta kondisi tanah didalam tambak cepat berlumpur seperti tepung, dimana menyebabkan udang betah dan senang saat di dasar lumpur, dengan begitu maka udang akan berkembang dengan cepat. Usahakan setiap 1 minggu sekali di tabur pupuk yatop sebanyak 1 liter/hektar bertujuan untuk tetap menjaga ekosistem di dalam tambak, merawat kesehatan udang lebih agresif, gesit dan jatah makannya bertambah 3 kali lipat. Penaburan yatop 1 liter/hektar ditiap 1 minggu sekali merupakan hal yang harus, dikarenakan untuk mencegah situasi cuaca ekstrem yang tidak menentu. Kebutuhan pupuk yatop untuk 1 hektar berkisar 15 liter sampai panen. ( 3 bulan ).

2. Bagaimana udang yang sulit moulting ( ganti kulit ) sehingga pertumbuhannya lambat ?


Udang cepat besar ditandai dengan kelihatan moulting. Udang yang sehat moultingnya cepat tetapi jika udang susah moulting pasti ada hal yang kurang di dalam tambak. Penyebabnya ini harus ditemukan. Namun untuk menemukan faktor penyebabnya itu yang sulit bahkan petani enggan untuk memeriksa. Kebanyakan Petani di Indonesia ingin instan. Penyebab udang tidak moulting karena kondisi kulit udang mengeras. Solusinya adalah Taburkan pupuk yatop 5 liter/hektar semakin banyak pupuk yatop di tebarkan ke area tambak maka udang moulting akan lebih cepat. Sifat pupuk yatop itu perih kalau kena luka, perihnya itu hanya dalam waktu sekian detik atau menit, apabila kena kulit udang maka udang akan cepat ganti kulit. Biasanya udang akan ganti kulit dalam waktu 4 hari.

3. Bagaimana udang stress/teller masih dapat diselamatkan ?Udang stress/teller

dikarenakan banyak factor, seperti misalnya adalah kondisi di dasar tambak tidak seimbang, kurangnya protein di dasar, tengah dan di atas air. Pupuk Yatop merupakan pupuk yang didalamnya terkandung banyak sekali protein tinggi. Ciri-cirinya yakni jika tutup botol di buka kemudian ditutup kembali maka proteinnya otomatis muncul ke permukaan berwarna keputih-putihan. Jika udang stress/teller dan sering naik ke permukaan maka solusinya adalah taburkan Pupuk Yatop sebanyak 3 liter/hektar lalu tunggu 1 sampai 3 jam, apakah udang kembali turun ke dasar atau tidak. Jika masih belum turun maka taburkan lagi yatop sebanyak 1 – 2 liter lg. Semakin banyak yatop di tebar maka semakin cepat udang akan turun ke bawah dan normal kembali. Kalau udang sudah stress dan pulih kembali dengan pupuk yatop maka lakukan penaburan pupuk yaotp sebanyak 1 liter/hektar secara rutin setiap 1 minggu sekali. Jangan lewat satu minggu dikarenakan akan menyebabkan udang stress kembali.

4. Bagaimana tambak yang sudah tidak produktif / jarang menghasilkan masih bisa diperbaiki ?

Tambak yang sudah rusak/kurang produktif masih bisa diperbaiki, caranya yakni harus kembali ke alam. Pakai kotoran hewan sapi, karena di dalam lument sapi banyak mikroba yang bermanfaat buat tanah dan bisa bertahan hingga 3 bulan. Resep pembuatan Kotoran sapi Sbb. : 1 LITER YATOP + 5 KG KOTORAN SAPI BARU + 50 LITER AIR. Permentasi dalam kurun waktu 1 minggu, setiap hari di aduk selama 5 menit. Jika sudah 1 minggu tebarkan ke area tambak dalam kondisi macak-macak. Diamkan hingga 5 hari setelah timbul lumut sutera lalu isi tambak sampai penuh. Kebutuhan kotoran sapi sebanyak 50 kg/hektar. Kotoran hewan sapi wajib menggunakan yang baru, maksimal 3 hari setelah keluar dari dubur sapi

  Kelebihan Pupuk Yatop Buat Udang Vanamei

Menurut pengalaman di Lapangan pupuk Yatop memiliki karakteristik yang unik dan aneh di berbagai wilayah di Tanah Air. Kelebihannya adalah sebagai berikut :

1. Dapat Menetralisir Air Payau

Air payau untuk udang dapat dinetralisir oleh yatop dalam waktu kira-kira 3 jam. Caranya : Masukan air payau ke dalam gelas (240 cc) lalu masukan juga pupuk yatop. Air payau yang terasa asin akan berubah menjadi netral selama kurang lebih 3 jam, dan garamnya turun ke dasar gelas. Lama-lama air tersebut berasa seperti manis jambu air.

2. Bisa Menetralisir Residu Kimia Dalam Air

Air yang sudah tercemar oleh limbah pabrik dapat dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam waktu 3 hari. Air tambak yang telah tercemar dalam waktu 3 hari berubah warnanya. Makanya saya memberikan saran sebelum udang dimasukan ke area tambak lebih baik ditabur pupuk yatop dulu jika sudah 3 hari barulah masukan benih udang.

3. Ph Air Dan Ph Tanah Menjadi Seimbang

Setelah air & tanah di tabur yatop maka selama 3 hari kondisinya menjadi seimbang. Hal ini sudah terbukti dengan melakukan test kertas lakmus dimana PH tanah {berubah menjadi|menjadi| 6. Apabila PH telah seimbang maka udang pun akan bertumbuh dengan subur.

4. Tanah Lumpur Akan Menjadi Halus Seperti Tepung

Tanah lumpur yang telah diberi yatop maka kondisi lumpurnya akan berubah menjadi halus seperti tepung dalam kurun waktu 4 hari. Semua mikroba tanah akan bereaksi karena pupuk merupakan sumber makanan bagi bakteri.

5. Lumut Sutera Menjadi Tumbuh

Tambak yang di taruh dengan pupuk yatop akan tumbuh lumut sutera, paling cepat 4 hari sampai 1 minggu. Lumut sutera bagus untuk sumber makanan udang.

6. Mengobati Luka Pada Udang

Udang yang terkena penyakit, Virus atau lainnya bisa disembuhkan dalam waktu 30 menit. Jika lumpurnya sudah mengandung pupuk yatop maka udang yang terkena luka masuk ke dalam lumpur dan lukanya cepat sembuh.

7. Plankton Berkembang Dengan Subur

Tambak yang sudah di berikan Yatop dalam waktu 3 hari akan terlihat plankton-plankton yang hidup didasar, tengah dan permukaan air.

8. Udang Stress Normal Kembali

Jika melihat udang yang sedang stress atau minggir ke atas permukaan maka udang itu hidupnya tak akan bertahan, besok atau lusa udang akan mati. Apabila melihat kejadian seperti itu maka solusi tepatnya Taburkan Pupuk yatop sebanyak 3 liter perhektar, dalam waktu 3 jam udang akan sehat kembali dan kembali ke dasar tambak. Udang setelah ditabur yatop akan lebih gesit/lincah.

9. Daging Udang Bebas Residu


Udang yang telah menggunakan pupuk Yatop pada saat dipanen dagingnya sudah bebas dari residu kimia. Warna udang cerah, daging kenyal, rasa gurih. Pupuk Organik Organik Yatop di resmikan Oleh Bupati malinau Dr.yansen TP.M.SI 15 Oktober 2014

bupati-malianu.jpg

Untuk Konsultasi dan pemesanan langsung dengan Umar yatop di no 085286231111

khusus yang menggunakan Hp bisa langsung mengunjungi link di bawah ini

 klik di sini untuk pemesanan Pupuk Yatop melalui wa

klik di sini untuk menghubungi kami

Klik di sini untuk melakukan pemesanan

Author Profile

About vidio sharing

Travel umroh terbaik dan terpercaya di indonesia terdaftar di kementrian agama.

0 Komentar Solusi Membudidayakan Udang Vanamei Dengan Cara Tradisional Memakai Pupuk Yatop

Posting Komentar

Back To Top